Menggunakan Slide Master Pada PowerPoint

Mengedit slide merupakan hal yang penting dalam membuat presentasi supaya menarik saat dilihat oleh audience. Saat masih belajar PowerPoint saya biasa mengedit gaya dan format slide layout satu per satu. Tentu itu sangat memakan waktu yang banyak dan kurang efisien.

Saat belajar lebih lanjut ternyata terdapat fitur yang dapat mengatur keseluruhan gaya itu dalam satu tempat. Ya, dengan slide master kamu bisa mengatasi masalah itu.

Apa Itu Slide Master

Slide Master merupakan tool dalam PowerPoint yang berfungsi untuk menyelaraskan gaya dan tata letak keseluruhan slide dalam satu tempat. Banyak hal yang bisa kamu atus untuk keseluruhan slide dari mulai gaya teks, tata letak, background, dan lainnya.

Dengan menggunakan slide master memungkinkan Kamu dapat mengatur style dan tata letak default untuk keseluruhan slide di masa depan. Jadi saat hendak membuat slide baru Kamu sudah mendapati style dari slide kamu sudah terformat sesuai dengan keinginan. Sehingga Kamu tidak lagi repot-repot mengatur gaya setiap bagiannya satu per satu.

Apa Kegunaannya?

Menggunakan Slide Master dapat membuat waktu mengedit materi presentasi lebih efisien dan relatif cepat. Karena saat membuat slide baru Kamu sudah mendapatinya sudah terformat dan gaya dan tata letak yang telah diatur sebelumnya. Apa saja yang dapat diatur pada Slide Master?

  • Format dan gaya teks seperti font, ukuran teks, gaya teks, dan lainnya.
  • Layout atau tata letak dari Slide
  • Gaya latar belakang, animasi, maupun transisi yang akan diikutsertakan dalam slide awal.
  • Serta bagian lainnya seperti tabel, ilustrasi, gambar, video, dan banyak lagi.
  • Semua gaya, format, atau tata letak yang Kamu masukan pada Master Slide akan otomatis muncul saat membuka slide baru secara langsung.

Bagaimana Menggunakannya?

Untuk menggunakan slide master di PowerPoint, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Klik tab View
  • Kemudian Sorot grup Master Views
  • Pilih Slide Master
  • Setelah itu Kamu akan mendapati tab baru yakni Slide Master.
  • Kemudian atur setiap gaya dan tata letak sesuai yang Kamu inginkan.

Pada pengaturan ini terdapat dua bagian insert, yakni Insert Slide Master dan Insert Layout.

Bedanya Insert Slide Master bertindak sebagai flow atau aliran gaya keseluruhan slide yang ada di bawahnya. Jadi saat Kamu membuat slide secara langsung atau dengan Ctrl+M maka akan keluar gaya dari Slide Master.

Sedangkan Insert Layout hanya keluar saat Kamu memilih untuk membuat slide baru dengan memilih layout terlebih dahulu (layout). Jadi intinya gaya dan tata letak urutan kedua setelah Slide Master.

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan komentar

Me

Author

Baca lainnya

Kategori