Bagian-Bagian Pada Aplikasi Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint merupakan program aplikasi yang diperuntukan untuk kebutuhan presentasi. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang berguna dalam penyusunan materi hingga presentasi kepada audience. Selain itu, PowerPoint juga mudah untuk menggunakannya karena memiliki tampilan dan fungsi aplikasi yang user-friendly.

Dari segi estetika, PowerPoint memiliki desain yang menarik dan susunan interface yang dinamis antar bagiannya. PowerPoint juga menyediakan tema slide presentasi yang mendukung pembuatan berbagai jenis materi dari mulai yang sederhana hingga kompleks dengan dukungan transisi dan animasi keren.

Untuk mengetahui bagian-bagian yang terdapat pada aplikasi PowerPoint, simak gambar beserta penjelasannya berikut ini.

1. Slide PowerPoint

Slide PowerPoint merupakan tempat untuk meletakkan isi konten yang akan Kita buat. Di sini Kamu dapat memasukkan materi berupa teks, gambar, ilustrasi, video, dan banyak lagi. Kamu juga dapat mengatur bagaimana materi presentasi Kamu akan tampil baik dari segi tata letak desain, ukuran slide, transisi dan animasi, hingga gaya latar belakang.

Layout

Layout atau tata letak merujuk pada pembagian ruang dan penataan setiap komponen materi yang terdapat pada slide presentasi. Penyesuaian tata letak yang yang baik pada slide presentasi akan menambah nilai estetika dan kemudahan audience untuk dapat menelaah setiap bagian materi. Layout yang baik memiliki kriteria berikut ini.

  • Tata letak antar komponen dalam materi tidak saling tumpang tindih yang membuat materi tidak terlihat seluruhnya.
  • Memiliki pembatas atau margin yang pas setiap bagiannya.
  • Setiap komponen materi dalam layout baik itu berupa teks atau multimedia memiliki ukuran yang sesuai dan dapat terbaca/terlihat dengan baik.
  • Memiliki alur tata letak yang dinamis dari mulai judul, sub judul, materi/paragraf, hingga penambahan multimedia yang pas.

Isi konten Presentasi

Isi konten ini berisi materi yang Kamu masukan dalam slide. Bisa berupa teks, gambar, video, tabel, dan lain sebagainya. Untuk menyesuaikan materi presentasi agar mudah terbaca, pastikan menggunakan layout atau tata letak yang mudah terlihat atau terbaca audience.

Selain itu, ukuran dari setiap bagian konten juga harus pas dalam artian tidak terlalu besar dan kecil. Dengan demikian audience tidak kesulitan saat melihat slide kita.

2. Status Bar

Status bar pada PowerPoint bertugas untuk menampilkan status atau informasi dari slide yang Kamu buat. Di sini Kamu dapat memantau berbagai informasi dari materi slide presentasi yang ada, antara lain sebagai berikut.

  • View Indicator untuk memantau posisi dan jumlah slide yang ada.
  • Theme untuk mengetahui nama tema yang sedang Kamu gunakan.
  • Spell Check untuk mengecek apa ada kesalahan dalam hal ejaan pada keseluruhan slide
  • Language untuk menampilkan dan dapat juga mengubah bahasa pada PowerPoint
  • Accessibility Checker untuk memantau aksesibilitas dari slide presentasi yang Kamu buat.
  • Sensitivity berfungsi untuk menerapkan label pada file presentasi dan email Kamu supaya dapat menyesuaikan dengan kebijakan yang diterapkan pada informasi organisasi. Ada lima pilihan label; Non-Business, Public, General, Confidential, dan Highly Confidential.
    Catatan: Penyesuaian Sensitivitas ini hanya untuk pengguna yang memiliki lisensi Office 365 Enterprise E3 atau Office 365 Enterprise E5.
  • Signature berfungsi untuk menampilkan tanda tangan elektronik yang menegaskan informasi otentik berbasis digital.
  • Information Management Policy (sebagai administrator) memuat tentang siapa saja yang mendapat akses kedalam informasi organisasi Kamu dan batas waktu untuk menyimpan informasi tersebut.
  • Permission berguna untuk menampilkan tentang siapa saja yang berwenang untuk dapat mencetak, meneruskan, dan menyalin slide presentasi Kamu dengan proses autentikasi oleh server IRM (Information Rights Management).
  • Upload Status untuk menampilkan status mengupload file presentasi.
  • Document Updates Available untuk memuat perubahan pada dokumen yang tersedia.

3. Thumbnail

Thumbnail merupakan versi kecil dari slide presentasi PowerPoint. Kegunaan thumbnail pada PowerPoint yakni untuk dapat mengatur dan menyesuaikan slide-slide secara bersamaan. Dengan demikian manajemen slide presentasi akan lebih efisien dan efektif pada banyak slide sekaligus. Dari thumbnail, Kamu hanya perlu klik kanan untuk dapat melakukan hal berikut ini.

  • Cut berfungsi untuk menghapus dan sekaligus menyalin satu atau banyak slide.
  • Copy berfungsi untuk menyalin satu atau banyak slide.
  • Paste Option untuk mengatur bagaimana Kamu akan menempelkan hasil salin/copy sebelumnya.
  • New Slide untuk membuat slide baru pada bagian bawah slide yang aktif.
  • Duplicate Slide untuk menggandakan satu atau banyak slide.
  • Delete Slide untuk menghapus satu atau banyak slide dalam sekali klik.
  • Add Section untuk menambahkan membagi satu atau banyak slide pada kategori tertentu.
  • Layout untuk mengatur layout slide.
  • Reset untuk mengatur ulang tata letak slide.
  • Format Background untuk mengatur format latarbelakang.
  • Photo Album untuk mengatur album foto.
  • Hide Slide untuk menyembunyikan slide.
  • New Comment untuk menambahkan komentar baru.

4. Ribbon

Ribbon atau pita merupakan elemen kontrol untuk menyimpan berbagai alat atau perintah dalam pembuatan materi slide presentasi PowerPoint yang ditempatkan pada beberapa bilah tab. Untuk dapat mempermudah pengguna, Ribbon atau pita biasanya dikelompokan berdasarkan fungsi dan kegunaannya.

4.1 Tab

Tab berisi kumpulan dari grup yang berisi alat atau perintah untuk membuat slide materi presentasi PowerPoint. Tab biasanya memiliki kategorinya sendiri sesuai dengan fungsi dan kegunaan pada setiap alat/perintahnya.

Dalam pembuatan materi presentasi tentu ada bagian mengenai pengaturan teks, gambar, animasi, transisi, review, dan banyak lagi. Dengan itu tab dikelompokan berdasarkan fungsi setiap alat dan perintah yang ada di dalamnya untuk memudahkan pengguna dalam menyusun materi presentasi.

4.2 Grup

Grup merupakan pengelompokan lebih spesifik dari beberapa alat atau perintah. Contohnya saat menggunakan tab Insert, di dalamnya terdapat grup Illustrations, Slide, Table, Images, Add-ins, dan lain sebagainya yang dimana dalam grup itu terdapat satu atau lebih alat atau perintah yang lebih spesifik dalam hal fungsionalitasnya.

5. Kontrol Aplikasi PowerPoint

Kontrol ini terdiri dari Minimize, Maximize/Restore, Close. Ketiganya mengatur bagaimana aplikasi PowerPoint berjalan.

Minimize

Berfungsi untuk memperkecil aplikasi PowerPoint pada layar. Saat menekan tombol minimize, aplikasi PowerPoint akan berjalan pada belakang layar.

Maximize/Restore

Maximize berfungsi untuk memperbesar aplikasi PowerPoint pada layar. Tombol maximize berbentuk kotak dan saat mengkliknya, aplikasi PowerPoint akan memenuhi layar aktif.

Sementara Restore memiliki tombol berbentuk dua kotak bertindihan. Saat mengklik tombol restore ini, aplikasi PowerPoint akan kembali ke ukuran semula saat Kamu terakhir kali mengaturnya.

Close

Close berfungsi untuk menutup aplikasi PowerPoint. Jika Kamu belum menyimpan slide presentasi PowerPoint, saat mengklik tombol close akan muncul pop-up pengingat untuk Save atau menyimpan, Don’t Save atau jangan menyimpan, dan Cancel untuk membatalkan perintah menutup aplikasi PowerPoint.

6. Akun Pengguna (Author)

Berisi informasi pengguna dari aplikasi PowerPoint yang terpasang pada perangkat yang sedang berjalan. Jika Kamu bekerja dalam tim, Kamu juga dapat melihat siapa saja yang melakukan perubahan dalam slide.

7. Title/Judul

Title merupakan judul dari file slide presentasi yang kita buat. Kamu dapat memberi judul saat menyimpannya atau otomatis menggunakan judul slide pada halaman pertama.

8. Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar atau dalam Bahasa Indonesia alat akses cepat terdapat pada pojok kiri atas yang berisi seperangkat alat yang berisi perintah cepat pada slide presentasi. Secara default, Quick Access Toolbar berisi Save untuk menyimpan file presentasi, Undo untuk mengembalikan pada perubahan slide sebelumnya, Redo untuk mengulang pada posisi setelah undo, Start From Beginning untuk memulai kembali dari awal slide.

Kamu juga dapat mengatur Quick Access Toolbar untuk dapat berada pada bagian atas atau bawah ribbon dengan cara klik kanan lalu pilih Show Quick Access Toolbar Below/Above the Ribbon.

Selain itu Kamu juga dapat mengatur alat atau perintah apa saja yang terlihat dengan klik kanan pada bagian Quick Access Toolbar lalu klik Customize Quick Access Toolbar. Atau juga menghapus salah satu alat atau perintah dengan klik kana alat yang akan Kamu hapus lalu pilih Remove from Quick Access Toolbar.

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan komentar

Me

Author

Baca lainnya

Kategori